"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

30 April 2009

Membuat Personal Icon di Blogspot

Sekedar ingin menyempurnakan ilmu dari Tutorial HTML tentang membuat personal icon di Blogspot (pada Address Bar).

1. Download software Icon Creator (cari yang freeware disini!).
2. Buatlah kreasi icon kamu sebagus dan seunik mungkin. Untuk hasil yang maksimal gunakan software Photoshop, Gimp atau sejenisnya. Pilih menggunakan Layer Transparant, lalu simpan file icon tersebut dengan ekstensi .png agar tidak muncul border atau background putihnya.
3. Upload hasilnya ke ImageShack atau website penyedia jasa hosting gratis yang lain.
4. Buka account Blogspot kamu, masuk ke menu Layout trus pilih Edit HTML. Gunakan Ctrl+F (untuk searching) untuk mencari posisi kode :
Pasang kode berikut ini tepat di atasnya, kodenya adalah :Simpan editing template-mu lalu lihat hasilnya ^_^ ENJOY IT!!! Kalo ingin ada animasinya bisa pakai software Image Ready, Swishmax atau yang sejenisnya...

25 April 2009

Uang Palsu Merajalela

Sudah seminggu ini saya seringkali dihadapkan pada kasus tentang uang palsu (bueeehhh, emangnya detektif?! ^_^). Pertama di Bumikomp, Bang Iwan sang pemilik usaha jual-beli dan service komputer tersohor di Kendal itu sempat "kecolongan" dapet setoran uang satu bendel 50 ribuan yang di dalamnya terselip 1 lembar 50 ribu rupiah palsu. Ironisnya yang menyetorkan bendelan uang itu ternyata orang Bank (cuman nggak inget dari Bank apaan). Secara garis besar (material) wujud cetakannya sama dengan uang asli, bahkan cetakan yang kasar, bahan kertasnya, tanda air (gambar wajah pahlawan), serta garis emasnyapun benar-benar menyerupai uang asli saat di sorot pada lampu ultra violet. Tapi kalo dicermati dengan seksama ternyata ada beberapa hal kecil yang ternyata masih berbeda dengan uang asli.

Kedua kalinya adalah saat beli lampu neon di sebuah kios di Kendal. Iseng-iseng ngobrol sama penjualnya membahas tentang uang palsu yang menimpa Bang Iwan. Ternyata si Bapak penjual ini juga mengalami hal yang sama. Pernah dapat satu lembar 50 ribuan palsu dari seorang pembeli yang kemiripannya dengan uang asli benar-benar luar biasa, nyaris 90%!!! Dan yang lebih gila lagi, setelah dia lacak pembelinya ternyata orang Bank juga!

Kemajuan teknologi memang bisa dimanfaatkan orang-orang jahat yang cerdas (atau orang-orang cerdas yang jahat?!). Bukan hanya sekedar warna dan hasil cetakan yang dipalsukan bahkan bahan kertas dan ciri-ciri otentik lainnya pun mulai bisa dipalsukan.

Pertanyaannya, kalo seluruh ciri-ciri uang asli sudah bisa dipalsukan dengan benar-benar sempurna, trus apa bedanya uang asli dan uang palsu?!?! Jadi apa Republik ini nantinya Ya Alloh...?!

Pesan buat readers... agar lebih berhati-hati bila sedang melakukan transaksi yang melibatkan uang cash. Karena bila bertransaksi di Bank dan ketahuan ada uang palsunya akan langsung digunting / disobek tanpa diganti (sakit nggak tuh, susah payah dapatnya, eh ternyata palsu -_-).

16 April 2009

Freeware : Attribut Changer


Hari Sabtu yang lalu abis nge-workshop Internet Dasar di Puskesmas Patebon dapat oleh-oleh... TROJAN ^_^.

Waktu nge-plug flashdisk ke laptopnya Puskesmas, terasa ada yg ganjil... Seluruh file .doc kelihatan berwarna lebih terang dari biasanya, jadi curiga kayak abis terinfeksi virus. Setelah merubah Views menjadi Detils, ternyata memang benar... seluruh file .doc extensinya berubah menjadi application bukan lagi Microsoft Word Document! Waduh! Bukankah Puskesmas itu tempat untuk menyembuhkan sakit dan penyakit?! Lha ini saya kok malah terinfeksi "virus" dari Puskesmas ^_^ (hehehe... becanda ibu-ibu dokter). Semoga readers nggak pernah terinfeksi trojan yang satu ini...

Setelah coba saya scan pake Avast 4.8 (versi gratisan) ternyata trojan berhasil dikarantina (nama trojannya lupa, nggak penting sich ^_^) tapi efeknya seluruh file .doc jadi beratribut hidden. Dan parahnya lagi status hidden-nya seolah bersifat primer (nggak bisa diubah lewat klik kanan - properties), coba liat pada Gambar 1.

Setelah coba searching kemana-mana, dapet deh freeware yang berguna untuk merubah attribut file maupun folder dengan sangat mudah. Namanya Attribute Changer 6.10a, ukuran installer-nya hanya sekitar 1 Mb. Cara menggunakannya sangat mudah. Tapi sebelumnya masuk dulu ke Folder Option pada Windows Explorer, lalu pilih "show hidden files and folders" pada menu Files and folder (lihat pada Gambar 2).

Kemudian install AC 6.10a-nya. Cara menggunakannya cukup klik kanan pada file .doc atau folder yang masih beratribut hidden (warna icon-nya agak transparan) lalu pilih "Change Attributes" (letaknya di atas "Send to..."). Matikan status hidden dan systemnya dengan meng-unchecked pada checkbox seperti tampak pada Gambar 3. Bila file .doc yang terinfeksi sangat banyak, cukup gunakan select all (Ctrl+A) lalu lakukan langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Tapi kalo virus / trojannya dah masuk ke system Windows apalagi sampe "ngumpetin" Folder Optionnya... wah itu mah dah parah banget bah! ^_^ Sampe sekarangpun saya blom dapetin cara buat munculin kembali folder option yang hilang. Mending install ulang aja daripada pusing ^_^ (inilah repotnya kalo bangsa ini masih sangat tergantung dengan Windows, coba deh kalo dah pada pada migrasi ke linux, mungkin bisa lebih safe)

Mungkin ntar kalo dah nemuin caranya buat nampilin Folder Option yang diumpetin virus segera tak posting disini... Kalo mo download Attribute Changer 6.10a silahkan klik disini, GRATIS kok!

15 April 2009

Award "Fabulous Blog"

Wah dapet award dari Bang Akenshi... "Fabulous Blog"! Keren dah...

Sebuah pengakuan De Facto (hayah...) dari sesama Blogger, sekali lagi terima kasih Bang Akenshi...! Jadi makin s'mangat untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini, mulai dari isi postingan, template, aksesoris, page rank dan traffic rank, sampe advertisement-nya bener-bener harus dibuat makin fabulous! ^_^

Ntar tak bikin award-award kayak ginian juga... Nee lagi "molak-malik" Joomla, ngeblognya jadi agak kurang konsen ^_^

11 April 2009

I'm Very Happy!!!

"Aku baik-baik saja, menikmati hidup yang aku punya...
Hidupku sangat sempurna, I'm single and very happy!"

"Mengejar mimpi-mimpi indah,
Bebas lakukan yang aku suka...

Berteman dengan siapa saja,
I'm single and very happy!"


Sebuah rangkaian lirik lagunya Oppie Andaresta "Single Happy" yang benar-benar cool abis! Menyenangkan untuk didendangkan dan sangat positif mempengaruhi alam bawah sadar untuk tetap optimis menikmati hidup. Berpikir positif terhadap diri sendiri justru terkadang tanpa kita sadari malah terlupakan.

Coba deh dengerin lagunya secara penuh, keren banget! Menyadari kemampuan diri sendiri tanpa berlebihan akan membuat kita sangat bersyukur kepada Alloh Maha Pencipta, dan dampaknya akan menambah semangat memperbaiki diri dan mengembangkan personal branding.

"Tertawalah, dan dunia akan ikut tertawa bersamamu...
Menangislah, dan dunia akan tertawa LEBIH KERAS karena melihat kau menangis!"

Tidak bisa dipungkiri, kalimat pahit yang satu ini mungkin telah dialami sebagian besar readers, menyakitkan memang tapi itu kenyataan. Tidak ada yang lebih bisa menghibur, menyemangati, dan mendorongmu untuk bisa bangkit dan berbuat lebih baik lagi selain... dirimu sendiri. Jadi hal positif pertama yang bisa dan perlu dilakukan sebelum yang lainnya, adalah berpikir lebih positif pada diri sendiri caranya dengan menggali core competence (mazhab RSW ^_^) dan memahami kelemahan untuk diperbaiki, sedikit narsis itu perlu (asalkan nggak kelewatan, itu namanya takabur ^_^). Berpikir positif pada diri sendiri (tidak pesimis apalagi skeptis) membuat kita akan turut juga berpikir positif terhadap orang lain...

09 April 2009

Progress Ngeblog

Entah sudah berapa kali mem-posting blog dan utak-atik segala hal yang berbau blog. Mulai dari gonta-ganti template (sampe penasaran pingin re-design template sendiri), pasang macam-macam banner advertise, sampe bermain-main dengan optimisasi SEO. Memang semua itu tidak sia-sia... Banyak sekali ilmu terserap dalam otak ini, dan efek lainnya pun nggak pernah nyangka bisa dapet hadiah Pagerank 2 dari Google ^_^, trus dapet juga traffic rank 200 ribuan dari Alexa... ^_^

Ternyata progress ngeblog temen-temen seperti Mas Jon, Mas Teguh dan Mas Tasib juga mengalami perubahan yang dinamis. Traffic rank nya terus naik, malah blognya Mas Teguh bisa nyampe posisi 700 ribuan, SIPP tenan!

Sebenarnya "hasil" yang didapat bisa lebih dari sekedar yang saya sebutkan di atas (weleh... masih kurang juga ^_^). Karena sekali lagi, waktunya kurang maximal. Ngeblog hanya bisa dilakukan di luar jam kerja, itu pun kalo nggak ada lembur. Belum lagi dengan adanya job-job di luar kantor, seperti besok Sabtu ini yang rencananya mo nge-workshop Internet Dasar di Puskesmas Patebon. Dan ada satu lagi tugas yang benar-benar butuh konsentrasi... mbongkar Joomla! Mengelola web intranet Kendal dan web Intranet BKD ternyata cukup ribet, butuh extra waktu dan energi. Tapi sangat menyenangkan... (walaupun saat ini masih single fighter alias sendirian ^_^)

Sebetulnya ada banyak sekali hal-hal yang di sekitar kita yang bisa kita angkat ke dalam sebuah tulisan blog. Mulai dari kejadian sehari-hari, membahas sebuah lelucon, mereview software maupun hardware, atau mungkin membahas tentang personal branding?! ^_^ Yang jelas intinya adalah berbagi pengetahuan. Sebuah kenikmatan yang sulit diungkapkan ketika kita berhasil mentransfer ilmu untuk sesama, kemudian orang itu juga melakukan hal yang sama terhadap orang lain. Nggak nyangka juga kalo Bang Rondi dan Bang Sur mo terjun di dunia blogging, hebat euy! Teruskan perjuangan menimba ilmu!!

04 April 2009

Detik-detik Pemilu

Tinggal hitungan beberapa jam lagi, bangsa kita akan memasuki babak baru sebuah proses demokratisasi... Dan rupanya masa-masa akhir kampanye ini benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para parpol peserta Pemilu tahun ini. Hampir di setiap siaran televisi swasta, durasi kapling iklan dipenuhi dengan kampanye parpol-parpol besar (jujur, males juga liatnya). Memang televisi masih tetap menjadi media paling efektif untuk berkampanye selain dari media cetak maupun media online lain seperti website, blog, atau bahkan Facebook.

Trus kenapa hanya parpol besar yang bisa muncul? Ya karena memang butuh budget yang sangat besar untuk bisa tampil di layar kaca. Hal ini ditunjukkan dengan hanya parpol yang ber-"warna tajam" saja yang bola-bali nampang di TV, sedangkan parpol-parpol dengan warna-warna yang semu dan kabur alias bermodal cekak aos... nyaris nggak pernah muncul walaupun cuman sedetik ^_^

Entah sudah berapa ratus milyar para politikus Indonesia ini menghabiskan uang untuk "di-zakat-kan" ke perusahaan televisi swasta di Indonesia. Masing-masing meng-klaim telah berjuang untuk negri ini, semuanya berjanji akan lebih "merakyat". Semua cara dan embel-embel dipamerkan, lebih ironisnya lagi malah ada yg saling kritik dan hujat (mau muntah kalo liat yang kayak gini...)

Munculnya iklan parpol di TV secara terus-menerus dan berulang-ulang seolah ingin menanamkan dogma secara paksa ke dalam alam bawah sadar para pemirsanya... ya tentu saja rakyat Indonesia. Supaya makin bingung nyentang waktu Pemilu nanti. Tapi dewasa ini rakyat Indonesia semakin cerdas. Money politics sudah tidak mempan (walaupun mungkin masih ada satu-dua orang yang bisa di-gobloki ^_^), rakyat lebih melihat ke arah tindakan nyata apa yang sudah dilakukan para parpol dan anggotanya... Rakyat sudah mempunyai prinsip yang jelas tentang pandangan bagaimana pemimpin mereka nanti (semoga saja memang begitu ^_^). Dan satu hal lagi yang sangat penting : JANGAN GOLPUT! Karena anda golput atau tidak, pemenang Pemilu akan tetap berkuasa... So, ikutlah berperan memperbaiki negri ini bila memang anda adalah warga negara ini.

Seribu kurang satu belum bisa disebut seribu, seratus kilometer perjalanan selalu dimulai dari satu langkah, ingat... satu suara anda SANGAT BERARTI! Gunakan sesuai dengan prinsip dan keyakinan untuk memperbaiki bangsa ini... Merdeka!