"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

16 April 2009

Freeware : Attribut Changer


Hari Sabtu yang lalu abis nge-workshop Internet Dasar di Puskesmas Patebon dapat oleh-oleh... TROJAN ^_^.

Waktu nge-plug flashdisk ke laptopnya Puskesmas, terasa ada yg ganjil... Seluruh file .doc kelihatan berwarna lebih terang dari biasanya, jadi curiga kayak abis terinfeksi virus. Setelah merubah Views menjadi Detils, ternyata memang benar... seluruh file .doc extensinya berubah menjadi application bukan lagi Microsoft Word Document! Waduh! Bukankah Puskesmas itu tempat untuk menyembuhkan sakit dan penyakit?! Lha ini saya kok malah terinfeksi "virus" dari Puskesmas ^_^ (hehehe... becanda ibu-ibu dokter). Semoga readers nggak pernah terinfeksi trojan yang satu ini...

Setelah coba saya scan pake Avast 4.8 (versi gratisan) ternyata trojan berhasil dikarantina (nama trojannya lupa, nggak penting sich ^_^) tapi efeknya seluruh file .doc jadi beratribut hidden. Dan parahnya lagi status hidden-nya seolah bersifat primer (nggak bisa diubah lewat klik kanan - properties), coba liat pada Gambar 1.

Setelah coba searching kemana-mana, dapet deh freeware yang berguna untuk merubah attribut file maupun folder dengan sangat mudah. Namanya Attribute Changer 6.10a, ukuran installer-nya hanya sekitar 1 Mb. Cara menggunakannya sangat mudah. Tapi sebelumnya masuk dulu ke Folder Option pada Windows Explorer, lalu pilih "show hidden files and folders" pada menu Files and folder (lihat pada Gambar 2).

Kemudian install AC 6.10a-nya. Cara menggunakannya cukup klik kanan pada file .doc atau folder yang masih beratribut hidden (warna icon-nya agak transparan) lalu pilih "Change Attributes" (letaknya di atas "Send to..."). Matikan status hidden dan systemnya dengan meng-unchecked pada checkbox seperti tampak pada Gambar 3. Bila file .doc yang terinfeksi sangat banyak, cukup gunakan select all (Ctrl+A) lalu lakukan langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Tapi kalo virus / trojannya dah masuk ke system Windows apalagi sampe "ngumpetin" Folder Optionnya... wah itu mah dah parah banget bah! ^_^ Sampe sekarangpun saya blom dapetin cara buat munculin kembali folder option yang hilang. Mending install ulang aja daripada pusing ^_^ (inilah repotnya kalo bangsa ini masih sangat tergantung dengan Windows, coba deh kalo dah pada pada migrasi ke linux, mungkin bisa lebih safe)

Mungkin ntar kalo dah nemuin caranya buat nampilin Folder Option yang diumpetin virus segera tak posting disini... Kalo mo download Attribute Changer 6.10a silahkan klik disini, GRATIS kok!

6 komentar:

airyz mengatakan...

kalo saya setia pake pcmav :D

blogger kendal? ada kopdar mas?

tukeran link, boleh?

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

Dulu sih pernah pake PCMav, tapi setelah berulang kali file PCMav sendiri keserang virus... jadi pindah ke Avast ^_^.

Kopdar??? apa itu?

OK link segera tak pasang.

sawali tuhusetya mengatakan...

yang paling gampang menjadi penular virus itu flashdisk, pak. kalau dah terinfeksi, jadi repot, bahkan banyak file yang hilang ketika di-scan antivirus. semoga virusnya bukan karena ketularan dari puskesmas, haks.

ardhietechno mengatakan...

bagus om....
Kadangkala eamng trojan jadi musuh kita...tapi kadang kita jg butuh trojan..wakaakaka

Madu Nektar mengatakan...

coba pake cara ini boss :

http://ebsoft.web.id/2007/05/02/files-dan-folder-disembunyikan-virus/h

kata mbah gugle si

Madu Nektar mengatakan...

ato ini

http://imamwardany.com/menampilkan-folder-yang-di-hidden-oleh-virus/

ato banyak lagi ... he he he