"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

24 Juli 2009

"Hiu" dalam kehidupan Anda

Jepang, sebuah negara dimana penduduknya sangat suka mengonsumsi ikan segar. Sayangnya perairan di Jepang tidak tersedia cukup ikan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.

Jadi untuk dapat memberi makan penduduk Jepang, kapal-kapal nelayan harus pergi cukup jauh untuk mencari ikan. Karena menempuh jarak yang sangat jauh, walaupun mendapatkan hasil yang besar, ikan-ikan tersebut sudah tidak segar lagi. Sehingga banyak penduduk yang tidak menyukainya.

Untuk mengatasi masalah ini, para nelayan memasang freezer pada perahu mereka. Freezer memungkinkan kapal untuk pergi jauh dan ikan-ikan hasil tangkapannya dapat dibekukan. Namun, penduduk Jepang dapat merasakan perbedaan antara sikan segar dan beku, dan mereka tidak menyukai ikan beku.

Harga ikan beku sangat rendah. Sehingga nelayan mencoba membuat sebuah tangki di dalam perahu untuk menampung ikan-ikan mereka. Rupanya masalah tidak berhenti sampai disini, setelah beberapa lama berada di dalam tangki, ikan-ikan tersebut mulai berhenti bergerak. Mereka terlihat lelah dan kusam, tapi masih hidup. Sayangnya, para penduduk Jepang-pun masih dapat merasakan ada kejanggalan dengan rasa ikannya. Karena ikan tidak bergerak selama berhari-hari, mereka kehilangan rasa segarnya.

Bagaimanakah para nelayan Jepang mengatasi masalah ini? Bagaimana mereka bisa mendapatkan ikan yang benar-benar segar ke Jepang? Apa yang akan anda rekomendasikan?


Untuk menjaga rasa ikan tetap segar, perusahaan perikanan Jepang masih menggunakan tangki untuk menampung ikan. Namun sekarang mereka menambahkan hiu kecil ke dalam setiap tangki. Hiu kecil itu memang menyerang beberapa ikan, tetapi beberapa yang diserang hanya cacat, dan tidak mati. Sebagian besar ikan lainnya justru terlihat sangat segar karena mereka aktif di dalam tangki.

Apakah anda menyadari bahwa beberapa dari Kita juga tinggal di sebuah kolam, tetapi sebagian besar terlihat lelah dan kusam?! Kita memerlukan "hiu" dalam kehidupan kita untuk tetap terjaga dan membuat kita terus bergerak? Pada dasarnya dalam hidup kita "Hiu" adalah tantangan baru untuk tetap aktif dan menimbulkan rasa yang lebih baik.... lebih cerdas, gigih dan kompeten. Semakin anda menikmati sebuah tantangan, maka anda akan semakin hebat.

Jika anda mengukur tantangan dengan benar, dan jika Anda terus-menerus berhasil menaklukkan tantangan, Anda adalah penakluk... Anda akan terus bersemangat untuk mencoba solusi baru, Anda akan merasa sangat hidup! Jangan takut menghadapi tantangan, melompatlah ke dalamnya. Jika tantangan anda terlalu besar atau terlalu banyak, jangan menyerah! Gagal jangan membuat Anda lelah. Sebaliknya, cari penentuan, pengetahuan, atau bila perlu bantuan...

Tuhan tidak menjanjikan hari tanpa rasa sakit, tawa tanpa kesedihan, matahari tanpa hujan, tetapi Dia menjanjikan kekuatan untuk hari itu, kenyamanan untuk air mata dan cahaya untuk jalan. Frustrasi bagaikan sebuah gundukan jalan, mereka yang lambat akan turun sedikit, tetapi Anda akan menikmati jalan halus setelahnya... Jangan tinggal di gundukan terlalu lama. Move on!

Ketika Anda merasa down karena Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan, Apabila terjadi sesuatu kepada Anda, baik atau buruk, pertimbangkan apa artinya. Ada sebuah tujuan hidup dari aktivitas, untuk mengajarkan cara tertawa atau tidak menangis terlalu keras. Tidak ada yang bisa kembali ke masa lalu dan membuat awal yang baru. Tetapi setiap orang dapat mulai dari sekarang dan membuat awal yang baru sampai berakhir.

From my friend, M. Zeeshan Ali
(Free English Course)

2 komentar:

Didien mengatakan...

dulu waktu saya masih di kendal, saya suka makan ikan hasil tambak daerah Turunrejo Brangsong...
sayang setelah hijrah ke Bandung hampir 9 tahun jadi jarang makan ikan yg baru panen...aromanya khas banget..dan harganya cukup murah meriah...mantaffffff....
Join dengan IBSN yuk mas..
IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..


Trimakasih...^_^

salam,

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

ternyata registernya pake acc wordpress ya... maaf deh ^_^ saya nggak terlalu nyaman pake WP, masih pengguna setia blogspot soalnya.

kalo bisa pake acc email pasti dah gabung.