"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

08 Juli 2009

Tips Office Excel : Menghitung Tahun (bag 2 - Revisi)

Posting kali ini adalah klarifikasi posting sebelumnya tentang Menghitung Tahun menggunakan Office Excel. Coba perhatikan lebih seksama, ternyata tips tersebut masih belum tepat benar 100%. Pada record kedua dengan data tgl lahir 11/08/1981 seharusnya usia pada hari ini (08/07/2009) belum genap 28 tahun. Seharusnya masih 27 tahun sekian bulan dan sekian hari.

Berikut adalah solusi hasil utak-atik Saya karena masih penasaran ^_^

Ternyata tidak perlu lagi menggunakan bantuan kolom bayangan (shadow). Formula yang digunakan pada kolom Usia (kolom D) adalah langsung fungsi dari kolom C dikurangi kolom B. Penulisannya sebagai berikut : =C(x)-B(x) dengan "x" adalah variabel baris. Yang paling menentukan nilai usianya adalah pada format cells pada kolom D (Usia). Format cells yang digunakan adalah Custom : YY.

Sengaja posting sebelumnya yang masih SALAH tidak saya hapus... hanya untuk mengingatkan Saya secara pribadi untuk lebih mencermati sebuah masalah dan mencari solusi alternatif terbaik ^_^. Atau mungkin para Readers ada yang memiliki solusi yang jauh lebih sempurna?! Saya akan sangat terbuka menerima ide-ide anda...

Well mungkin ada yang bilang blog ini aneh, masalah dicari sendiri, mbuat solusi salah sendiri, eh direvisi sendiri... hehehe... ^_^ biarin donc auw! Daripada ketahuan salahnya sama bloger lain trus direvisi orang lain, kan lebih malu... ^_^ Untung keburu ketahuan duluan! Intinya kan cuman pingin ikut sumbangsih dan berbagi ilmu di dunia maya walaupun sangat kecil.

6 komentar:

marsudiyanto mengatakan...

Tak keki PR Mas...
Nek berhasil, aku salut, berarti kita sama2 pengguna Excel Sejati.
Begini:
di sel A1 ada tulisan Kendal
di sel A2 ada tulisan 4/3/2008
Rumusnya apa supaya di A3 muncul Kendal, 4 Maret 2009
Ini menyangkut misalnya kita punya data tempat lahir dan tanggal lahir, lalu kita pengin nggabungkan menjadi tempat tanggal lahir.
Selamat berpikir.
Nek bingung, suk maneh nek penataran ngundang saya...

marsudiyanto mengatakan...

Sory, maksude di A3 metu tulisane
Kendal, 4 Maret 2008
Dudu 2009...

Ardhianto A.N. mengatakan...

wah bisa dicoba ni pak, tapi kayaknya saya mo hijrah ke openoffice.calc ^_^ (tuntutan profesi... eh kerjaan).

makasih banyak, pasti tak cari jalan keluarnya. semoga...

insidegrobogan mengatakan...

lanjut bro, go open source.
tapi ntar gmn SAPK nya???

Anonim mengatakan...

Klo pake CONCATENATE bs gabung kata 2 cell.. Bisa ya... :)
Klo buat umur klo harinya sama blm tambah umurnya....

Astri Octavina Hamid mengatakan...

Dear All,
mau tanya gimana caranya ya? jika ingin menambahkan 4 tahun dari tanggal tertentu?
please..