"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

08 Juli 2009

Tips Office Excel : Menghitung Tahun

Beberapa waktu lalu sempat dimintai tolong temen untuk mengolah data karyawan yang berkaitan dengan penghitungan format date. Output yang diinginkannya simple, yaitu menghitung usia karyawan dalam format tahun dari data yang berformat date lengkap (dd/mm/yyyy). Awalnya sich sudah paham maksudnya tapi ternyata masih tetep kesulitan dalam implementasinya. Hasilnya pengurangan tahunnya malah membingungkan seperti ini :

Sempat juga mencoba merubah format cell-nya menjadi number tapi tetap belum mendapatkan hasil yang benar. Akhirnya malah cuman bisa pake cara primitif. Yaitu menyisipkan kolom di sebelah kolom tahun "a" kemudian merubah format date yang lengkap tersebut menjadi format Custom : yyyy. Kemudian mengcopy seluruh data ke dalam notepad (tujuannya untuk "menghapus" format datenya, kemudian data dari notepad tersebut dicopy kembali lembar kerja di Excel. What a bad procedure... ^_^ (walaupun memang sich hasil yang didapatkan sudah benar, tapi kan primitif banget langkah-langkahnya hehehe...)

Akhirnya ketemu juga cara yang benar untuk mendapatkan hasil yang benar. Tau nggak dapetnya darimana?! Dari hasil mengikuti Diklat Open Office dari kantor ^_^ (thaks a lot Open Office.org Calc!) nih lengkapnya :

Formula yang digunakan sangat sederhana : gunakan fungsi YEAR untuk mengambil nilai tahunnya, gunakan MONTH untuk mengambil nilai bulan, dan gunakan DAY untuk mengambil nilai tanggalnya. Tapi ingat format cell yang digunakan pada kolom "shadow a" dan "shadow b" serta kolom "b-a" adalah format number. Mudah bukan?! ^_^

1 komentar:

cell-handphone mengatakan...

Mantap mas trick nya...
pasti nanti dicoba
makasih komennnya....