"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

26 Desember 2008

Cari Uang di Internet

Earning money from internet, atau Monetize your website, atau dalam bahasa kita biasa dikenal dengan Mencari uang di internet tidak bisa lepas dari yang namanya web traffic.

Secara sederhana, tahapan mencari uang di internet sebagai berikut :
1. Buat account e-mail. Saya sarankan buat di Gmail (persiapan utk blogging di Blogspot). Tidak lebih dari 7 menit.

2. Buat account blog di Blogspot (butuh kira-kira 10 menit-an, sekalian adaptasi dengan tampilan dan fasilitas di Blogspot)

3. Posting blog kamu, tentang apapun yang positif, berkualitas dan bermanfaat tentunya. Biasakan utk sering menulis posting-an, karena sering update postingan sama artinya dengan memberi makan weblog kita. Makin banyak "makan" tentunya makin gemuk weblog kita. Kalo bisa lalukan 1 posting per hari sebagai "pondasi" modal awal blogging.

4. Pelajari teknik design blog, lalu "per-indah" tampilan weblog dengan tambahan gadget atau widget. Bisa gunakan gadget yg telah disediakan oleh Googgle atau bisa juga gunakan fungsional pihak ketiga (selain Google). Masuk ke menu Pengaturan - Tata Letak, lalu klik "Tambah Gadget" dan pilih tambah "HTML/Script" lalu masukkan code-nya dan simpan, silahkan cermati gambar di bawah ini :

5. Buka mindset kita, cari inspirasi lewat search engine, atau bisa baca web nya Pak Romi. Lakukan surfing/kunjungan ke weblog yang lainnya, bisa punya teman kita ataupun yg dapat dari hasil googling (searching). Posting komentar pada blog orang lain (cantumkan pula alamat blog kita), kenalkan "dirimu" pada siapapun.

6. Mulai masuk tingkat yg agak advance, gunakan search engine untuk mempelajari teknik meningkatkan traffic, gunakan keyword seperti "increasing web traffic", "meningkatkan traffic", "boosting traffic", atau keyword lain yg sejenis. Bila masih kesulitan kamu bisa gunakan teknik free viral. Teknik viral ini gratis, berguna untuk memperkenalkan alamat web kita secara lebih luas. Tinggal ikuti prosedur mudah yg telah ditentukan.

7. Pantau traffic rank-mu dengan menggunakan gadget tambahan, misal Widgetrank. Bila dirasa traffic sudah cukup tinggi, sekarang mulai masuk ke tahap intinya.

8. Daftarkan weblog kamu untuk menjadi Publisher iklan di "perusahaan-perusahaan" penyedia jasa iklan, diantaranya :




atau

Adsense Indonesia

atau


atau


Sebenarnya ada hal lain yang tanpa kita sadari jauh lebih berharga dari segelintir dolar yang kita terima dari hasil publishing (tapi kalo bisa dapetnya sampe ribuan dolar juga berharga seeh ^_^'), yaitu ilmu dan persaudaraan. Semakin banyak pengetahuan yang kita bagi ke orang lain, makin bertambah pula pengetahuan kita sendiri tanpa terasa.

Peringatan KERAS : Jangan pernah melakukan klik pada iklan anda sendiri!!! anda akan di-banned bila melakukan kecurangan.

Seluruh tahapan di atas bersifat free atau gratis, coba bayangkan dengan cara gratis kita bisa "menghasilkan" uang dari internet, udah gitu nambah ilmu lagi, trus nambah teman juga...! Oh indahnya ber-internet!

2 komentar:

Arif mengatakan...

Tujuan saya membuat blog adalah untuk mendapatkan uang dari blog. Dari semua yang ditulis diatas saya sudah pernah ikutan. Cuma sepertinya kurang beruntung dengan iklan model PTC, akhirnya saya beralih ke PTR yang Alhamdulillah sudah bisa monetize sekitaran $700, sekarang PTR saya tinggalin karena berpotensi menurunkan Pagerank 2 blog ber PR-5 jadi PR-0 dan PR-3 jadi PR-0.
Sekarang fokus ke text link ads, lebih bermanfaat karena bisa mendapatkan penghasilan bulanan tanpa tergantung pada orang melakukan klik.
Bisa sharing dengan saya di n-tips.com atau kalau pengen lihat contoh blog saya yang laris jualan text link ads di Cheers To Life
Maaf terlelu panjang bukan mau menggurui, cuma sharing supaya aktifitas blogging lebih bermanfaat.

:) :)) :D

hakim_kusumah™ mengatakan...

trims infonya sob, salam kenal ya :D