"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

16 Januari 2009

Tools untuk Game Travian


Bagi kalangan gamer, nama Travian tentu tidak asing lagi di telinga mereka. Sebuah aplikasi game online yang akhir-akhir ini sering sekali "nongol" di banner-banner iklan web-web tertentu.

Di Indonesia sendiri, game online juga pernah cukup dikenal, salah satunya adalah Perang Kurusetra, kisah peperangan jaman wayang... sayang sudah lama "gulung tikar" (Padahal saya suka banget -_-).

Sebelumnya saya kurang tertarik dengan Travian, kalo liat dari iklannya kok kayaknya cuman mainan buat anak kecil hehehehhe... sorry tapi itu dulu. Nah setelah nyoba-nyoba register dan mainin... eh malah ketagihan, sekarang dah daftar di 6 server yang berbeda dan pake karakter yang berbeda-beda pula ^_^ dasar! (Mumpung gratis...!) Ada banyak server di Travian, hampir di tiap negara dengan macam bahasa yang berbeda ada Travian-nya. Salah satunya Travian Indonesia. Terdapat 3 karakter dasar yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dalam game Travian : Teutons, Romans, dan Gauls.

Ada sebuah "langkah advance" bagi pemain Travian yang akan memudahkan dan membantu untuk memainkan Travian (dari sisi kecepatan dan akses yang stabil, serta semacam "alarm" untuk memperingatkan bila ada event atau report tertentu yang penting untuk segera direspon). Nama tool-nya WinTravian (buatan Manastur.net) dan Graphic Pack. Kedua tool itu dapat langsung di-download gratis (klik aja link-nya).

Namun bila kedua tool tersebut tidak berjalan di komputer anda, coba install plugin .NET Frameworks-nya atau coba aja lewat googling (klik link-nya untuk download dan install). Berikut adalah keuntungan-keuntungan menggunakan tool WinTravian :
  • Berjalan pada satu window tersendiri, sehingga tidak terlalu mengganggu browser.
  • Dapat tetap berjalan pada mode traybar icon. Bila ada event/report akan muncul popup peringatan (misal bangunan sudah hampir selesai, ada penyerangan atau yang lainnya)
  • Informasi seputar resource yang lengkap
  • village manager : membantu membaca peta dan memudahkan mode penyerangan
  • silent mode : popup menu dapat diaktifkan atau di-non aktifkan dengan mudah
  • graphic pack detection : akan mendeteksi instalasi graphic pack secara otomatis (Graphic Pack berisi komponen penyusun game Travian, terdiri dari image-image dan file pendukung lainnya)
  • Tool Marketplace-Calculator : membantu memproduksi resource secara otomatis.

3 komentar:

Psychoholic mengatakan...

Gimana cara mainnya nih kawan???

Ridtha mengatakan...

Hmm..boleh di coba nih,eh tp registernya rumit gk ya?

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

gampang kok... coba aja buka website, nggak affiliate nggak ada deposit2 segala... pokoknya gratis semua, tinggal mainin aja ^_^