"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

25 Februari 2009

Parade blog-ku

Nggak terasa sudah hampir 5 bulan blog ini berjalan bersama dengan blog-blog sejawatnya (Info BKD Kendal, Curpikku, Free 2Download). Di akhir Pebruari ini mo nambah satu blog lagi : e-data BKD Kendal. Tentu saja ada "roh" atau bisa disebut dengan tujuan dan motivasi tertentu dalam setiap blog yang saya buat. Yang jelas keseluruhan blog-blog tersebut berpusat pada blog ini. Soalnya blog ini gue banget... ^_^ Setiap ada event penting ataupun hanya sekedar joke-joke ringan pasti tak posting disini. Terang saja traffic rank di Alexa-nya bisa nyampe 400 ribuan, jauh meninggalkan blog-blog satu angkatannya ^_^ padahal dulu waktu pertama kali lahir traffic rank-nya masih 19 juta-an.

Blog Info BKD Kendal bertujuan untuk mem-publish informasi dari BKD Kendal yang sifatnya memang ditujukan untuk khalayak umum, seperti misalnya tentang informasi seputar CPNS. Rencana ke depannya pingin nambah space buat "Konsultasi Masalah Kepegawaian", meliputi seluruh administrasi kepegawaian PNS di Kabupaten Kendal, serta informasi mengenai masalah Tenaga Honorer dan database-nya. Masih dalam tahap pertimbangan dan pemantapan, karena masalah yang menyangkut dengan pelayanan publik bukan hal sepele, perlu penanganan serius dan penuh tanggung jawab karena menyangkut nama institusi. Mungkin ada yang bertanya mengapa, sebuah lembaga seperti BKD Kab. Kendal menggunakan fasilitas blogspot, dan bukannya menerapkan sistem sewa hosting dan domain sendiri dengan go.id yang tentu saja dianggap lebih benar dan formal. Jawabannya sederhana saja : Informasi dari BKD harus disebarkan secara online dengan atau tanpa anggaran (biaya). Karena tidak ada alokasi anggaran untuk sewa hosting dan domain, sehingga saya berinisiatif menggunakan blogspot. Fasilitas gratis yang disediakan oleh blogspot sudah cukup meng-akomodir kebutuhan blog BKD, dan di luar dugaan, traffic rank blog BKD di Alexa mencapai kurang dari 1 juta-an. Dibandingkan dengan website-website milik institusi lainnya dengan traffic rank yang masih lebih dari 1 juta-an, saya anggap blog BKD Kendal sudah berhasil dan bisa diterima oleh para pengguna internet.

Sedangkan Curpikku dan Free 2 Download tak lebih hanyalah sebagai variasi saja, tempat untuk complain dan segala unek-unek yang mengendap saya salurkan di Curpikku, sedang Free 2 Download adalah wadah untuk berbagi software gratis ataupun freeware. Blog Curpikku sekaligus pingin ngerasain pake Wordpress, pingin coba rasa blog yang lain juga... Ternyata menurut saya nih, blogspot lebih cocok buat saya ketimbang wordpress. Saya kesulitan untuk memasukkan script html di wordpress, sedangkan pemasangannya di blogspot sangat mudah. Tampilan dashboard layout di blogspot juga menurut saya lebih user friendly (buat saya nih), tinggal tarik sana-sini sesuai selera kita. Template yang tersedia untuk blogspot juga sudah banyak yang free (langsung bisa didownload), seperti misalnya di blogger-templates.blogspot atau di allblogtools.com.

Nah khusus untuk blog e-Data BKD Kendal ini diilhami dari blog yang dibuat Bang Tasib (rekan satu kantor). Blog ini akan merangkum seluruh rencana sekaligus laporan kegiatan di Subbid Data Kepegawaian, tempat dimana saya "hidup dan berkarya" saat ini. Rencana dan kegiatan yang khusus hanya dalam ruang lingkup masalah pengelolaan data di BKD saja, seperti misalnya tentang masalah Konversi NIP.

5 komentar:

Danta mengatakan...

Wah.. dah 400an mas rank alexanya? hebat..

Ardhianto mengatakan...

heheh... itu juga masih newbie kok :D

dewa mengatakan...

om...kok shoutboxnya ga ada??
lagi error ya??makanya aq tulis disini ya...

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

hehhehehe.. lagi ganti "baju" bentar, nih lagi proses ^_^ tenang aja, everything is under control!

COOL MUSIC MP3 FREE COOL TEMPLATES mengatakan...

it's nice blog content good and success for you