"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

14 Februari 2009

PNS wajib pakai sepatu lokal

Jum'at sore kemaren pas lagi nyantai nonton Liputan 6, eh kok ya ada berita yang menurutku rada "aneh" jadi perlu disimak sampe tuntas. Pemerintah sedang menggalakkan penggunaan produk dalam negri. Lebih spesifik lagi adalah keharusan menggunakan sepatu lokal terutama bagi kalangan PNS. Sampe-sampe Wakil Presiden langsung yang melakukan controlling kepada para bawahannya apakah mereka menggunakan sepatu lokal atau import.

Secara garis besar, sepatu yang merupakan kategori produk dalam negri adalah sepatu yang proses pembuatan serta bahan bakunya 90% berasal dari Indonesia (lokal). Lebih bagus lagi kalo 100% bahan baku dan pembuatannya dilakukan di dalam negri.

Tapi statement Pemerintah yang mewajibkan PNS menggunakan sepatu lokal menurut saya sedikit "aneh". Kan sudah jelas selisih harga antara sepatu dalam negri dengan yang buatan luar negri... satu sepatu import harganya bisa sama dengan 15 atau 20 sepatu lokal. Kayaknya mustahil banget kalo PNS lebih memilih membeli sepatu import, lha wong kadang beli satu sepatu lokal aja pake sistem kredit di koperasi ^_^ tapi ya nggak tau juga kalo PNS di esselon II atau I yang notabene kesejahteraannya sangat terjamin.

Yang jelas kalo nanti kantor-kantor birokrasi di-Sidak masalah sepatunya, siap-siap tak pamerin sepatuku... yang nggak mahal sich, tapi... yach pokoknya ntar tau sendiri dech!

9 komentar:

masjaliteng mengatakan...

Kalo sepatunya buatan sendiri tapi labelnya "import" boleh khan...

kakve mengatakan...

bagus nih program pemerintah...

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

to masjaliteng : Yang bikin saya bingung itu justru nama mereknya... saya nggak tau mana yg merek lokal atawa mana merek luar negri... yg penting murah + enak dipake ^_^

to kakve : nggak perlu diprogramin sebenarnya PNS "menengah ke bawah" udah pake produk dlm negri semua (nggak cuman sepatu). :)

Dewa mengatakan...

hahahha tanggapan yang menarik bang adhi....
tapi bagaimana kalo pns ga usah pake sepatu kalo kerja??

Mamah Ani mengatakan...

hehehe...anjuran pake sepatu lokal atau larangan pake sepatu imort nih?
kayaknya yang melarang biasa pake sepatu import, dan dia nggak tahu kalau PNS sih dari dulu juga pake sepatu BATA....wkwkwkwkwk

Madu Nektar mengatakan...

he he he ..... gimana kalo pake komputer , HP ,TV ,motor ,mobil , buatan dalam negri ?



(^^,)

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

tapi jujur saja, kadang saya juga masih ragu dg produk dlm negri terutama yg terkait dg teknologi... dari pengalaman, biasanya nggak tahan lama...

Sepatu Lokal mengatakan...

sepatu lokal jg ga kalah keren, dan murah2, ratusan model produk sepatu asli buatan dalam negeri bisa di lihat di http://www.sepatulokal.com

santri jogja mengatakan...

sepatu...oh sepatu