"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

28 Februari 2009

Kenapa Nge-Blog?!

Ada satu joke yang saya ingat dari hasil Seminar IT kemarin di Kendal. "Apa persamaan antara RA Kartini dengan Pangeran Diponegoro?"... jawabnya simpel : "Sama-sama nggak punya email dan blog". Bukannya bermaksud merendahkan, tapi seandainya waktu dulu ada fasilitas internet, saya yakin mereka berdua pasti juga bikin blog ^_^ Lha untuk merangkul rakyat pejuang di kalangan P. Diponegoro serta sosialisasi program perdjoeangan trus mendeteksi posisi geografis kompeni pake Google Earth, ataupun sebagai tempat untuk menuangkan ide pemikiran tentang Habis Gelap Terbitlah Terang made in RA Kartini, tentu media blog sangat berguna bagi mereka... Cuman sayangnya waktu itu Indonesia belum mengenal internet sama sekali (lha wong pheripheral-nya saja nggak ada yang punya je!)

Lalu bagaimana dengan masyarakat jaman sekarang yang masih awam bahkan "nyaris buta" dan nggak mau tau dengan perkembangan teknologi internet?! Nggak punya facebook, nggak punya blog, nggak punya e-mail, dan bahkan nge-download dan nge-search pun nggak tau caranya??? Hampir semuanya berdalih mereka tidak membutuhkannya, semua itu nggak penting, dengan dalih masih banyak hal-hal penting lainnya yang masih perlu dipikirkan ketimbang bermain-main dengan internet... Bahkan ada pendapat yang lebih ekstrim mereka merasa terlalu tua untuk berurusan dengan hal-hal di internet. Padahal seorang bijak mengatakan : " 25 tahun tapi malas itu TUA, tapi sebaliknya 50 tahun tapi haus ilmu dan tetap terus belajar itu MUDA." (Kalo nggak salah yang bilang itu Pak Mario Teguh... tapi yang jelas bukan Mas Teguh Susilo yang dari BKD loh ^_^)


Coba liat screenshot di atas ini, letak geografis kantor BKD Kendal dengan bantuan dari plugin Google Earth (ditandai kotak biru). Keren ya...! Nah ini salah satu bentuk informasi hasil dari perkembangan teknologi internet. Sapa tau ke depannya pencitraan dari Google Earth via satelit ini bisa menembus permukaan bumi hingga bisa dengan mudah mengetahui letak sumber air dan tambang-tambang bumi...

Masih banyak lagi perkembangan di dunia internet yang meskipun kita tidak mampu menggunakan semuanya, tapi paling tidak seharusnya kita masih bisa mengikuti dan mengetahuinya.

Mari buka pintu pikiran kita, just open your mind! jangan jadi manusia kolot yang justru menutup diri dari perubahan jaman, nggak mau tahu dan menganggapnya tidak penting, jangan sampai selamanya seperti katak dalam tempurung. Kemajuan teknologi sangat cepat, bukan lagi dalam hitungan tahun, tapi sudah bulan dan hari. Kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi?! Buat rekan-rekan seperti Bang Tasib, Mas Teguh, Mas Jon dan terlebih lagi Pak Mashuri yang barusan kursus kilat hanya dalam 15 menit sudah memiliki blog sendiri ^_^ (mungkin beliau satu-satunya pejabat esselon III di Kabupaten Kendal yang punya blog hehehhe...) dan sudah menyalakan api semangat untuk ikut belajar, saya ucapkan CONGRATZ, mulai punya e-mail, belajar nge-blog, ke depannya nanti malah mungkin bisa bikin website sendiri... COOL! Kelak anak-anak kita pun pasti juga akan mengenal internet, paling tidak jangan sampai kita tidak tahu ketika mereka menanyakannya.

Juga buat rekan-rekan kantor yang lain yang tertarik untuk mulai membuka pintu pikiran, jangan sungkan untuk minta bantuan, insyaallah saya bantu semampu mungkin, kalau perlu secara kolektif kita adakan pelatihan internet dasar di BKD, langsung praktek (mungkin bisa pinjem Lab-Komp nya Bag. PD), nggak ada bayar-membayar alias gratis! Nggak perlu pake proyek-proyekan, pokoknya kalo memang pingin niat belajar, siapkan waktu (setengah hari saja cukup) nanti saya support penuh. Saya sarankan baca-baca tulisannya Romi Satria Wahono, biar "gembok" pintu pikiran kita bener-bener bisa terbuka. Oh ya buat rekan-rekan yang sudah advance, mungkin bisa ikutan bantu (kalo mau)...

Mungkin saya bisa beri sedikit gambaran betapa asyiknya berinternet itu...
  1. Search Engine atau mesin pencari yang umumnya menggunakan Google.com, dibangun oleh Sergey Brin dan Larry Page. Berguna untuk melakukan pencarian "apapun" yang kita inginkan baik berupa artikel, gambar, video ataupun berbagai file yang sedang anda butuhkan. Tinggal tuliskan kata kuncinya trus tekan "enter". Mungkin kalo anda kehilangan dompet, coba aja cari di Google, sapa tau ketemu... (^_^ ya nggak bakal donq!)
  2. E-mail. Kapasitas email yang disediakan oleh Yahoo ataupun Google mencapai lebih dari 1 Gb, itu artinya sama dengan anda punya 1 flash disc gratis khusus untuk email. Coba kalo anda punya 5 email gratis berarti kan anda punya 5 flash disc. Email juga dapat digunakan sebagai media untuk menyimpan file (melalui attachment), jadi bila anda ingin menyimpan file-file berkas administrasi kepegawaian anda baik baerupa SK KP, KGB atau yang lainnya, tinggal di-scan saja, lalu kirimkan ke alamat email anda sendiri, beres! Kalau sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal buka lalu di print saja.
  3. Blog. Seluruh tulisan yang sedang anda baca ini terangkum dalam sebuah blog. Blog merupakan website pribadi tempat penyaluran ide dan segala hal yang berputar di pikiran. Bahkan blog juga bisa menghasilkan uang (topik yang ini nanti saja dibahasnya ^_^). Penyedia jasa blog gratis yang terkenal adalah Blogspot dan Wordpress.
  4. Jasa Upload dan Download gratis. Bila kita ingin menyimpan file dengan ukuran yang cukup besar (sampai lebih dari 10 Mb) dapat menggunakan jasa gratis ini, coba saja di 4Shared atau Ziddu.
  5. Media Sosial dan Komunikasi. Marak digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa, diantaranya seperti Facebook, dan Yahoo Messenger. Berguna untuk berkomunikasi baik secara offline maupun online.
Yang jelas masih lebih banyak lagi "belantara" internet yang masih belum terulas tuntas disini...

6 komentar:

sijiploes mengatakan...

inggih pak guru Ardy.....

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

ketagihan ngeblog ya mas jon?! ^_^ sampe-sampe minggu siang jam 12-an masih sms "ngantor rak mas?"...

hehehhe... minggu2 masih ngantor... ya jelas to!

masjaliteng mengatakan...

@mas jhon : lagi ngeblog tho, tadi katanya kerja... :-D

Madu Nektar mengatakan...

Nge-Blog meningkatkan daya tahan tubuh, dan memperbaiki kualitas hidup .. he he he,

tulisane top bgt ...

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

halah wong cuman nggedabrusan doank kok mas... ^_^

tapi yg jelas blog bikin saya makin suka makan... (kok bisa ya?!)

Kojek mengatakan...

Sipp ... tambah semanget nih gwa ngeblognya, thank bro ...