"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

02 Maret 2009

Kenapa Nge-Blog?! [bag 2]

Ngeblog melatih kita untuk menulis, setiap kali akan menuliskan sesuatu paling tidak kita akan menilai sendiri pantaskah tulisan "ini" kita masukkan blog?! Blog melatih kita untuk bereksperimen dengan kemampuan kita sendiri, turut menentukan arah bidang tulisan kita. Blog juga berpengaruh dalam melatih dan mengembangkan kepekaan sosial, saya jadi semakin suka mengikuti perkembangan berita secara umum, lebih spesifik lagi perkembangan IT di Indonesia dan dunia. Setiap ada event penting selalu ingin turut terlibat sekaligus meliputnya (jadi mirip wartawan tanpa surat kabar ^_^). Yang jelas masih banyak efek-efek positif dari bermain blog yang mungkin juga masih belum sempat saya eksplorasi.

Ada efek yang cukup signifikan akan kita rasakan bila "menggeluti" blog dengan baik, pertama : teman akan terus bertambah, kedua : personal branding. Sabtu pagi jam 6 kemarin saya dapat telepon dari Bandung, namanya Mbak Yanti, sungguh di luar dugaan ternyata beliau tahu saya dari blog ini. Rupanya Mbak Yanti tertarik melakukan penelitian dengan volunteer-volunteer revolusi IT (hayah kayaknya kok hiperbola deh ^_^) di Kendal, khususnya tentang masalah e-Learning. Kebetulan saya kenal baik dengan Pak Pur, dan saya pikir e-Learning ini salah satu bidang yang sedang digeluti oleh Pak Pur, terus saya kenalkan Mbak Yanti dengan Pak Pur. Cerita pun terus berlanjut ke Facebook... Mbak Yanti bilang insyaallah mo main ke Kendal, welcome Mbak! Dengan blog jelas orang jadi bisa saling mengenal...

Dari blog BKD Kendal pun juga begitu, dulu waktu masa-masa pengadaan CPNS banyak yang menghubungi dan bertanya melalui sms, telepon, ataupun email. Ada satu rasa nikmat yang nggak bisa dituangkan dalam blog ini ketika saya bisa melayani orang lain, rasa puas ketika orang lain merasa terbantu dengan informasi ataupun pelayanan yang kita sajikan. Mungkin disinilah letak nikmatnya menjadi Civil Servant, atau yang lebih dikenal dengan PNS sebagai pelayan masyarakat.

Walaupun kadang ada juga yang menganggap apa yang selama ini saya lakukan hanyalah bentuk narsisme dan sikap show off yang nggak jelas dan dibuat-buat. Tapi hey..., bukankah setiap orang bebas berpendapat?! Saya sendiri juga tidak menyangka bisa nulis blog sampe sebanyak dan sejauh ini ^_^ Mo tau rahasianya?! Nih...
  1. Kurangi tidur
  2. Kurangi tidur
  3. Kurangi tidur
Suer, nggak becanda kok. Ilmu di atas saya dapat dari Romi Satria Wahono. Tapi ada satu yang mungkin bisa saya tambahkan yang ke-empat yaitu : Banyak membaca! terutama tulisannya Pak Romi ^_^ Bener kok, banyak membaca akan melatihmu jadi mahir menulis! Semakin mahir menulis akan membuatmu menjadi semakin kritis berpikir! Dan kritis dalam berpikir adalah satu syarat membentuk Personal Branding... Berani berpikir, berani bertindak, dan berani "beda" dari yang lain!

9 komentar:

Madu Nektar mengatakan...

kurangi tidur, .. pi jgn nonton tv mulu ya mas .. he he

tambah ksini, postinganya smakin mantap ..

Mbak Maya mengatakan...

Siip, kl saya mah, cuma menyalurkan hobi aj, hehe.

frizzy mengatakan...

Halo sob, apa kabar?
Keinginan pertamaku ngeblog adalah ingin share dengan para bloggerous. Selanjutnya adalah wadah beranjangsana. Efeknya, aku gak bisa berhenti ngeblog, nulis artikel, membaca konten2 internet, males nonton tv, males lihat yg pornoaksi dan blogwalking.
This is my a new life, new breathing, new personalization.
Keep our teen spirit ya sob.

Cheers, frizzy.
Blogger yg pengen jadi blogger

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

mantABS bro... ^_^ secara umum motivasi blogger buat ngeblog rata-rata sama, intinya pengembangan diri, dan kalo bisa sich nyari duit juga heheheh... ya nggak bang friz?!

Anonim mengatakan...

Dhi, iki masmu. pengen ajar ngeblog jg. next time ajari ya...

Arif mengatakan...

Dhi renc aq mo ke t4mu tak bawain form PRUaccess biar U bs access Accountmu di PRU via internet. But next time aja wis

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

Weehh! ada Pak SekCam Kaliwungu rupanya... monggo Pak Sek ^_^

Kalau memang tertarik belajar ngeblog dan nge-facebook, jangan kuatir saya siap mbantu... :) anytime Mas Arif!

Makin banyak pejabat esselon yg tertarik belajar IT makin bagus. Kayaknya nggak sia-sia selama ini dengan "nggedabrusan"nya saya selama ini...

Buat mas Adhi, siap-siap "PR" kita banyak banget ^_^ tapi nikmat kalo dijalani dengan tulus.

Madu Nektar mengatakan...

hi hi hi ...

PR banyak kalo ada yg nyemangatin kyknya ga krasa tuh ...

he he he

masjaliteng mengatakan...

Mas Ardhi + mas Adi saya siap......
siap mendukung wae wis...he3x