"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

28 Februari 2009

Kenapa Nge-Blog?!

Ada satu joke yang saya ingat dari hasil Seminar IT kemarin di Kendal. "Apa persamaan antara RA Kartini dengan Pangeran Diponegoro?"... jawabnya simpel : "Sama-sama nggak punya email dan blog". Bukannya bermaksud merendahkan, tapi seandainya waktu dulu ada fasilitas internet, saya yakin mereka berdua pasti juga bikin blog ^_^ Lha untuk merangkul rakyat pejuang di kalangan P. Diponegoro serta sosialisasi program perdjoeangan trus mendeteksi posisi geografis kompeni pake Google Earth, ataupun sebagai tempat untuk menuangkan ide pemikiran tentang Habis Gelap Terbitlah Terang made in RA Kartini, tentu media blog sangat berguna bagi mereka... Cuman sayangnya waktu itu Indonesia belum mengenal internet sama sekali (lha wong pheripheral-nya saja nggak ada yang punya je!)

Lalu bagaimana dengan masyarakat jaman sekarang yang masih awam bahkan "nyaris buta" dan nggak mau tau dengan perkembangan teknologi internet?! Nggak punya facebook, nggak punya blog, nggak punya e-mail, dan bahkan nge-download dan nge-search pun nggak tau caranya??? Hampir semuanya berdalih mereka tidak membutuhkannya, semua itu nggak penting, dengan dalih masih banyak hal-hal penting lainnya yang masih perlu dipikirkan ketimbang bermain-main dengan internet... Bahkan ada pendapat yang lebih ekstrim mereka merasa terlalu tua untuk berurusan dengan hal-hal di internet. Padahal seorang bijak mengatakan : " 25 tahun tapi malas itu TUA, tapi sebaliknya 50 tahun tapi haus ilmu dan tetap terus belajar itu MUDA." (Kalo nggak salah yang bilang itu Pak Mario Teguh... tapi yang jelas bukan Mas Teguh Susilo yang dari BKD loh ^_^)


Coba liat screenshot di atas ini, letak geografis kantor BKD Kendal dengan bantuan dari plugin Google Earth (ditandai kotak biru). Keren ya...! Nah ini salah satu bentuk informasi hasil dari perkembangan teknologi internet. Sapa tau ke depannya pencitraan dari Google Earth via satelit ini bisa menembus permukaan bumi hingga bisa dengan mudah mengetahui letak sumber air dan tambang-tambang bumi...

Masih banyak lagi perkembangan di dunia internet yang meskipun kita tidak mampu menggunakan semuanya, tapi paling tidak seharusnya kita masih bisa mengikuti dan mengetahuinya.

Mari buka pintu pikiran kita, just open your mind! jangan jadi manusia kolot yang justru menutup diri dari perubahan jaman, nggak mau tahu dan menganggapnya tidak penting, jangan sampai selamanya seperti katak dalam tempurung. Kemajuan teknologi sangat cepat, bukan lagi dalam hitungan tahun, tapi sudah bulan dan hari. Kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi?! Buat rekan-rekan seperti Bang Tasib, Mas Teguh, Mas Jon dan terlebih lagi Pak Mashuri yang barusan kursus kilat hanya dalam 15 menit sudah memiliki blog sendiri ^_^ (mungkin beliau satu-satunya pejabat esselon III di Kabupaten Kendal yang punya blog hehehhe...) dan sudah menyalakan api semangat untuk ikut belajar, saya ucapkan CONGRATZ, mulai punya e-mail, belajar nge-blog, ke depannya nanti malah mungkin bisa bikin website sendiri... COOL! Kelak anak-anak kita pun pasti juga akan mengenal internet, paling tidak jangan sampai kita tidak tahu ketika mereka menanyakannya.

Juga buat rekan-rekan kantor yang lain yang tertarik untuk mulai membuka pintu pikiran, jangan sungkan untuk minta bantuan, insyaallah saya bantu semampu mungkin, kalau perlu secara kolektif kita adakan pelatihan internet dasar di BKD, langsung praktek (mungkin bisa pinjem Lab-Komp nya Bag. PD), nggak ada bayar-membayar alias gratis! Nggak perlu pake proyek-proyekan, pokoknya kalo memang pingin niat belajar, siapkan waktu (setengah hari saja cukup) nanti saya support penuh. Saya sarankan baca-baca tulisannya Romi Satria Wahono, biar "gembok" pintu pikiran kita bener-bener bisa terbuka. Oh ya buat rekan-rekan yang sudah advance, mungkin bisa ikutan bantu (kalo mau)...

Mungkin saya bisa beri sedikit gambaran betapa asyiknya berinternet itu...
  1. Search Engine atau mesin pencari yang umumnya menggunakan Google.com, dibangun oleh Sergey Brin dan Larry Page. Berguna untuk melakukan pencarian "apapun" yang kita inginkan baik berupa artikel, gambar, video ataupun berbagai file yang sedang anda butuhkan. Tinggal tuliskan kata kuncinya trus tekan "enter". Mungkin kalo anda kehilangan dompet, coba aja cari di Google, sapa tau ketemu... (^_^ ya nggak bakal donq!)
  2. E-mail. Kapasitas email yang disediakan oleh Yahoo ataupun Google mencapai lebih dari 1 Gb, itu artinya sama dengan anda punya 1 flash disc gratis khusus untuk email. Coba kalo anda punya 5 email gratis berarti kan anda punya 5 flash disc. Email juga dapat digunakan sebagai media untuk menyimpan file (melalui attachment), jadi bila anda ingin menyimpan file-file berkas administrasi kepegawaian anda baik baerupa SK KP, KGB atau yang lainnya, tinggal di-scan saja, lalu kirimkan ke alamat email anda sendiri, beres! Kalau sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal buka lalu di print saja.
  3. Blog. Seluruh tulisan yang sedang anda baca ini terangkum dalam sebuah blog. Blog merupakan website pribadi tempat penyaluran ide dan segala hal yang berputar di pikiran. Bahkan blog juga bisa menghasilkan uang (topik yang ini nanti saja dibahasnya ^_^). Penyedia jasa blog gratis yang terkenal adalah Blogspot dan Wordpress.
  4. Jasa Upload dan Download gratis. Bila kita ingin menyimpan file dengan ukuran yang cukup besar (sampai lebih dari 10 Mb) dapat menggunakan jasa gratis ini, coba saja di 4Shared atau Ziddu.
  5. Media Sosial dan Komunikasi. Marak digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa, diantaranya seperti Facebook, dan Yahoo Messenger. Berguna untuk berkomunikasi baik secara offline maupun online.
Yang jelas masih lebih banyak lagi "belantara" internet yang masih belum terulas tuntas disini...

25 Februari 2009

Parade blog-ku

Nggak terasa sudah hampir 5 bulan blog ini berjalan bersama dengan blog-blog sejawatnya (Info BKD Kendal, Curpikku, Free 2Download). Di akhir Pebruari ini mo nambah satu blog lagi : e-data BKD Kendal. Tentu saja ada "roh" atau bisa disebut dengan tujuan dan motivasi tertentu dalam setiap blog yang saya buat. Yang jelas keseluruhan blog-blog tersebut berpusat pada blog ini. Soalnya blog ini gue banget... ^_^ Setiap ada event penting ataupun hanya sekedar joke-joke ringan pasti tak posting disini. Terang saja traffic rank di Alexa-nya bisa nyampe 400 ribuan, jauh meninggalkan blog-blog satu angkatannya ^_^ padahal dulu waktu pertama kali lahir traffic rank-nya masih 19 juta-an.

Blog Info BKD Kendal bertujuan untuk mem-publish informasi dari BKD Kendal yang sifatnya memang ditujukan untuk khalayak umum, seperti misalnya tentang informasi seputar CPNS. Rencana ke depannya pingin nambah space buat "Konsultasi Masalah Kepegawaian", meliputi seluruh administrasi kepegawaian PNS di Kabupaten Kendal, serta informasi mengenai masalah Tenaga Honorer dan database-nya. Masih dalam tahap pertimbangan dan pemantapan, karena masalah yang menyangkut dengan pelayanan publik bukan hal sepele, perlu penanganan serius dan penuh tanggung jawab karena menyangkut nama institusi. Mungkin ada yang bertanya mengapa, sebuah lembaga seperti BKD Kab. Kendal menggunakan fasilitas blogspot, dan bukannya menerapkan sistem sewa hosting dan domain sendiri dengan go.id yang tentu saja dianggap lebih benar dan formal. Jawabannya sederhana saja : Informasi dari BKD harus disebarkan secara online dengan atau tanpa anggaran (biaya). Karena tidak ada alokasi anggaran untuk sewa hosting dan domain, sehingga saya berinisiatif menggunakan blogspot. Fasilitas gratis yang disediakan oleh blogspot sudah cukup meng-akomodir kebutuhan blog BKD, dan di luar dugaan, traffic rank blog BKD di Alexa mencapai kurang dari 1 juta-an. Dibandingkan dengan website-website milik institusi lainnya dengan traffic rank yang masih lebih dari 1 juta-an, saya anggap blog BKD Kendal sudah berhasil dan bisa diterima oleh para pengguna internet.

Sedangkan Curpikku dan Free 2 Download tak lebih hanyalah sebagai variasi saja, tempat untuk complain dan segala unek-unek yang mengendap saya salurkan di Curpikku, sedang Free 2 Download adalah wadah untuk berbagi software gratis ataupun freeware. Blog Curpikku sekaligus pingin ngerasain pake Wordpress, pingin coba rasa blog yang lain juga... Ternyata menurut saya nih, blogspot lebih cocok buat saya ketimbang wordpress. Saya kesulitan untuk memasukkan script html di wordpress, sedangkan pemasangannya di blogspot sangat mudah. Tampilan dashboard layout di blogspot juga menurut saya lebih user friendly (buat saya nih), tinggal tarik sana-sini sesuai selera kita. Template yang tersedia untuk blogspot juga sudah banyak yang free (langsung bisa didownload), seperti misalnya di blogger-templates.blogspot atau di allblogtools.com.

Nah khusus untuk blog e-Data BKD Kendal ini diilhami dari blog yang dibuat Bang Tasib (rekan satu kantor). Blog ini akan merangkum seluruh rencana sekaligus laporan kegiatan di Subbid Data Kepegawaian, tempat dimana saya "hidup dan berkarya" saat ini. Rencana dan kegiatan yang khusus hanya dalam ruang lingkup masalah pengelolaan data di BKD saja, seperti misalnya tentang masalah Konversi NIP.

23 Februari 2009

Chat Room :

Mari kita berchating ria... ^_^




Seminar di Kendal

Walaupun pagi itu badan agak meriang, tapi untuk urusan masalah seminar komputer apalagi bisa bertatap muka langsung dengan para pakar komputer Indonesia nggak akan terlewatkan... Namun sayangnya Pak Frans nggak bisa hadir karena ternyata beliau juga sedang meriang (^_^ kok bisa bareng-bareng ya?!). Jadinya mimpi bergelut dengan orang-orang Java kurang "greget". By the way, berikut coba saya pajang hasil jepretan di seminar kemarin...

Seminar dibuka secara langsung oleh Ibu Wakil Bupati Kendal, kemudian dimulai dengan aksi dari Pak Romi SW yang ndongeng tentang kisah legenda-nya, intinya materi dari Pak Romi itu narsis abiz! Mulai dari kisahnya di kelas 3 SD yang pernah dicap sebagai anak tanpa masa depan oleh gurunya sendiri, karena kemampuan menangkap ilmunya yang sangat "lelet" alias lambat, kemudian mulai mencari tahu rahasia temen-temennya yang termasuk golongan cerdas. Dan dari sinilah muncul perilaku "tidur hanya 4 jam", karena untuk bisa mengejar ketinggalan pelajaran dan bahkan untuk bisa melampaui peringkat teman-temannya, Pak Romi harus menambah extra waktu untuk membaca buku. Rumusnya sederhana saja : "Kesuksesan = bakat x kerja keras"
Misal seseorang yang dianugrahi bakat 100, bila nilai kinerjanya hanya 1 maka hasil akhirnya tetap saja 100. Namun bila seseorang hanya punya bakat 20, tapi kerja kerasnya mencapai 100 maka hasilnya... 2000. Coba saja bandingkan! Intinya anak dengan otak pas-pas-an tapi rajin belajar bisa mengalahkan anak dg otak jenius tapi malas, dengan MUDAH! Tapi sayangnya selesai menyampaikan materi, Pak Romi langsung keburu pulang ke Tlogosari Semarang, jadi nggak sempet pose bareng beliau -_-

Oh iya satu lagi yang sempet saya "copy" dari Pak Romi... "Orang bodoh haram hukumnya bicara tentang pemberantasan kebodohan", yang jelas jangan pernah jadi orang munafik. Lebih baik kita sibuk memperbaiki kekurangan diri dulu, baru mulai ikut memperbaiki negara ini. Ada yang berubah dari Pak Romi, kayaknya diameternya udah bertambah lagi (hehehehe... becanda Pak ^_^)

Kalo yang ini, saya lagi sama Pak Onno (hehehehe... sekali-kali ikutan narsis kayak Pak Romi ach!). Pak Onno menyampaikan workshop tentang Open source, OS yang digunakan Ubuntu Muslim Edition. Yang menarik dari versi ini, pada browser internetnya dilengkapi dengan filter pornografi otomatis. Jadi segala kata yang berbau pornografi, ketika diketikkan di search engine akan otomatis dicegat. Oya satu hal yang sempat diutarakan Pak Onno, bahwa ternyata Indonesia termasuk peringkat ke-tiga se-Asia Pasifik yang telah turut serta men-zakati Bill Gates! Ternyata ontran-ontran operasi software ilegal telah berdampak pada peningkatan kekayaan Bill Gates secara cukup signifikan. Karena banyak perusahaan dan kantor-kantor yang berbondong-bondong membeli Windows yang legal.

Ternyata Pak Onno itu orangnya sangat MENYENANGKAN sekali, ramah dan gokil abiz. Tapi yang jelas idealisme dan rasa nasionalisme beliau patut dipelajari dan ditiru. Cuman setahuku dulu Pak Onno masih di LIPI, tapi kemarin katanya beliau pengangguran?? apa bener?! kenapa?! Pak Onno juga sempat di banned dari facebook karena temannya mencapai lebih dari 5000. E-mail yang diterimanya per hari mencapai 1000-an dan yang bisa dibales sekitar 200-an (gila nggak tuh!).

Jadi makin pingin belajar linux, apalagi katanya di Linux udah ada software desain grafis setingkat dengan Photoshop dan Coreldraw. Buat temen-temen pembaca yang tertarik dengan Ubuntu Muslim Edition bisa download di ubuntume.com

Seminar yang dimulai dari jam 9 pagi akhirnya ditutup pada jam 4 sore. Kelihatannya lama ya!? tapi kok kayaknya ilmu yang terserap masih kurang banyak...! Perlu tindak lanjut nih. Moga-moga aja orang-orang seperti Pak Pur dan teman-temannya tetap bisa eksis berjuang untuk kemajuan IT di Kendal, pokoknya saya siap jadi volunteer Pak Pur! Jangan sungkan-sungkan untuk njawil saya kalo butuh bantuan, ohya termasuk juga temen-temen lainnya, kalo butuh bantuan kontak langsung saya saja, OK! [apaan sich?! kok kayak ngobral dagangan ^_^]

Terima kasih untuk Pak Romi dan Pak Onno yang selama ini selalu eksis menjadi sosok inspiratif kami, teruskan perdjoeangan! MERDEKA!

21 Februari 2009

Dukung Pulau Komodo!

Mari dukung Indonesia dalam ajang Nominasi Keajaiban Dunia, salah satunya adalah pulau komodo. Daftarkan diri kamu disini, trus pilih nominasi keajaiban dunia : Asia-Indonesia-Pulau Komodo. Oh iya, ada hadiahnya juga loh! Tapi yang jelas, sebagai WNI yang baik tanpa embel-embel hadiahpun kita harus tetap berusaha mendukung Indonesia semampu kita! MERDEKA!


15 Februari 2009

Internet Sehat Blog Award 2009

Sekedar ingin turut serta menjadi salah satu bagian "tangan panjang" dari ictwatch. Mari-mari kita berpartisipasi dan ikut andil memeriahkan Internet Sehat Blog Award 2009, yang merupakan penghargaan yang diberikan kepada pengelola blog (blogger) yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam bentuk tulisan di blog. Tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan tindakan atas pembacanya untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Indonesia.

Kriterianya ada : education blog, family blog, student blog, travel & culinary blog, techno blog, citizen journalist, inspirative blog, Best of The Best blog dan Super Blog.

Mo lihat juri-jurinya?! semuanya pakar IT Nasional...

Hadiahnya banyak loh! tapi yang jelas buat saya hadiah nggak penting-penting amat, yang penting bisa turut serta meramaikan, turut serta "menyumbang" dan yang jelas juga keberadaan kita sendiri turut diakui oleh mereka, ya nggak?! ^_^


Caranya gabung gampang banget, pasang gambar di atas ini pada sidebar blog kalian, trus jangan lupa pasang juga linknya : http://www.ictwatch.com/internetsehat

Oh iya, insyaallah tgl 22 bulan ini, Pak Onno dan Pak Romi SW jadi "dolan" ke Kendal... Mas Teguh dan Bang Tasib jadi ikut seminarnya nggak?! Ntar nyesel loh kalo nggak ikut...

14 Februari 2009

PNS wajib pakai sepatu lokal

Jum'at sore kemaren pas lagi nyantai nonton Liputan 6, eh kok ya ada berita yang menurutku rada "aneh" jadi perlu disimak sampe tuntas. Pemerintah sedang menggalakkan penggunaan produk dalam negri. Lebih spesifik lagi adalah keharusan menggunakan sepatu lokal terutama bagi kalangan PNS. Sampe-sampe Wakil Presiden langsung yang melakukan controlling kepada para bawahannya apakah mereka menggunakan sepatu lokal atau import.

Secara garis besar, sepatu yang merupakan kategori produk dalam negri adalah sepatu yang proses pembuatan serta bahan bakunya 90% berasal dari Indonesia (lokal). Lebih bagus lagi kalo 100% bahan baku dan pembuatannya dilakukan di dalam negri.

Tapi statement Pemerintah yang mewajibkan PNS menggunakan sepatu lokal menurut saya sedikit "aneh". Kan sudah jelas selisih harga antara sepatu dalam negri dengan yang buatan luar negri... satu sepatu import harganya bisa sama dengan 15 atau 20 sepatu lokal. Kayaknya mustahil banget kalo PNS lebih memilih membeli sepatu import, lha wong kadang beli satu sepatu lokal aja pake sistem kredit di koperasi ^_^ tapi ya nggak tau juga kalo PNS di esselon II atau I yang notabene kesejahteraannya sangat terjamin.

Yang jelas kalo nanti kantor-kantor birokrasi di-Sidak masalah sepatunya, siap-siap tak pamerin sepatuku... yang nggak mahal sich, tapi... yach pokoknya ntar tau sendiri dech!

12 Februari 2009

Satu lagi inspirasi BESAR!

Buat rekan-rekanku yang mulai belajar nge-blog... mas Teguh dan bang Tasib, mungkin orang dalam gambar di samping ini bisa mem-boost semangat anda ngeblog (karena saya sudah merasakannya...). Namanya Mas Ramaditya, dan satu kata pertama yang tidak akan pernah dilupakan oleh komunitas blogger tentang beliau adalah : tunanetra.

Ya... mas Ramaditya adalah seorang blogger tunanetra, ANEH?! tidak juga, memang kadangkala sebuah keterbatasan justru akan "melentingkan" seseorang pada tingkat yang bahkan tidak bisa diterima akal dan logika. Coba bayangkan bagaimana dia meraba dan membaca keyboard, dengan dua mata normal saja, kadang kita masih bisa salah ketik... Trus coba bayangkan bagaimana dia membaca dan menjawab setiap guest yang mengisi buku tamu di blognya... 

Mo tau kehebatannya selain sebagai blogger sejati? Dia adalah seorang komposer musik sekaligus seorang Gamer dengan game favoritnya Street Fighter! (wow! i like this one!). Kiprahnya sudah pernah dikupas juga dalam Kick Ardhi ups... hehehe... maksudnya Kick Andy. 

Sangat sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Mario Teguh : "25 tahun pemalas itu TUA, tapi sebaliknya, 55 tahun semangat dan rajin belajar itu MUDA." Bahkan pendapat yang ekstrim lagi dari Pak Romi SW : "Saya hanya tidur 4 jam sehari, sisanya saya gunakan untuk belajar dan berbagi ilmu. Seorang dg background bidang kesehatan berpendapat bahwa kurang tidur akan mengurangi usia. Dan saya lebih memilih hidup hanya 40 tahun tapi penuh diisi dengan ilmu dan tindakan nyata, berbagi ilmu, mendidik kader-kad
er pedjoeang yang bermanfaat utk negri ini, menginspirasi orang lain utk tetap optimis dan positif mencari dan menggunakan ilmunya... daripada hidup 70 tahun tanpa ada sedikitpun karya nyata saya yang berguna utk orang lain."

Ngeblog membuat saya makin sadar dan melihat ke dalam diri bahwa ilmu yang saya miliki selama ini sungguh amat sangat sedikit sekali dan nyaris tidak berarti. Semangat itu yg terus mendorong utk terus mencari ilmu dan mengembangkan diri. VIVA Blogger Indonesia! $mile for everyone!

Traffic rank progress

Nggak nyangka cuman butuh waktu sebulan, traffic rank-ku di Alexa bisa melesat segitu cepatnya. Mulai dari waktu pertama kali mbuat blog dulu sekitar 19 jutaan, trus naik lagi jadi 8 jutaan... sampe akhirnya menduduki posisi 500 ribuan. Fiuhhh ternyata bermain-main dg Mypagerank banyak gunanya juga. Ditambah lagi dg sering berkunjung ke teman-teman blog lainnya, kasih comment dan complain juga berguna loh.

Sebetulnya yg lebih berat lagi adalah mempertahankan, dan berusaha menaikkan traffic rank dg lebih meningkatkan frequensi onlinenya. Cuman dg disambi kerja aja traffic rank bisa naik, gimana kalo ditekuni lebih benar-benar ya?! ^_^ hehehe... Tapi berat juga sob, soalnya masih belum pernah bisa mendapatkan "hasil" yg nyata dari bermain blog, jadi ya kurang greget!

Sobat-sobat bloggerku please kasih saran, tips, trick gimana caranya dapet dolar dari nge-blog donc... salam $mile selalu buat semua sobat bloggerku!

05 Februari 2009

Stormy Kendal !

Akhir-akhir ini cuaca sudah semakin sulit diprediksi. Sebentar cerah, nggak lama kemudian hujan deras... berikut saya tampilkan snapshot kondisi kota Kendal pada musim penghujan ini...

Dimulai dari mendung yang kian "pedhet" (padat menghitam). Hanya dalam hitungan menit, suasana yang sebelumnya cerah dan "bersih", dalam waktu singkat langsung tertutupi awan awan hitam... Hampir mirip di film kartun, ketika muncul tokoh antagonis, suasana langsung berubah total...



Berikutnya gerimis mulai mengguyur dengan tenang tapi pasti...

Awan hitam perlahan menyebar merata... bak gambar asap rokok yang di-photoshop pake blur effect.


















Tanpa membuang-buang waktu lagi air mulai "menghajar" dengan derasnya... Suasana semakin dramatis dengan ditambah deru angin yang luar biasa.

Tampak Sang Saka tetap tegar dan gagah menghadapi angin yang suka cari ribut...

Dan inilah pemandangan yang dianggap sudah cukup familiar di kota Kendal, ya... BANJIR (kecil-kecilan).



Jika Kali Mesjid sudah Julia... eh maksudnya sudah Perez, maka siapkan armour alias jas hujan, siapkan shield alias payung. Oh iya jangan lupa herb dan medicine juga buat jaga-jaga... (istilahnya berbau game semua, maklum penulisnya masih anggota komunitas Gamer ^_^)

Dan... ada juga saudara kita yang dengan susah payahnya berjuang menghadapi alam... walau akhirnya "tersungkur" juga.

Sobat-sobatku yang terbiasa hidup tanpa perlu susah payah, bersyukurlah karna kita dimudahkan hidup di negri tercinta ini. Bagi saudara-saudaraku yang mengalami kondisi seperti di bawah ini, tabah dan percayalah, selalu ada hikmah di setiap cobaan... selama tetap berjalan di jalur yang HALAL jangan pernah putus untuk selalu berdjoeang! SEMANGAT!