"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

09 Maret 2009

e-Learning untuk anak-anak TK

Lagi-lagi mendapatkannya secara tidak sengaja, IXL... sebuah website penyedia jasa e-learning untuk anak-anak usia pra sekolah sampai dengan SD. Sebuah metode pembelajaran yang sekilas dari tampilannya lebih mirip dengan sebuah Game.

"e-Learning", istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita (kalo sampe ada yg bilang belum pernah denger... "Kemane aja bang selama ini, hidup di gua ya?!" ^_^) telah merasuki berbagai lini dan usia, termasuk anak-anak TK. Sebuah sistem pembelajaran yang mungkin dirasakan oleh anak-anak yang mengikutinya tidak lagi merasa sedang belajar, tapi bermain. Tentu saja efeknya bisa jadi lebih optimal daripada pembelajaran cara konvensional yang sudah kuno. Anak-anak akan merasa lebih rileks, tanpa beban dan bisa jadi malah akan semakin antusias mengikuti "alur permainan".

Pelayanan jasa e-learning yang diterapkan oleh IXL sangat sederhana. Sayangnya untuk menjadi member, kita perlu merogoh dolar yang menurut saya terbilang agak mahal ^_^. Ada 2 tipe keanggotaan, yaitu sebagai orangtua atau sebagai guru. Tapi tenang saja, IXL masih memberikan layanan gratisnya untuk menu-menu dasarnya. Lumayan buat "nyinaoni online" si Afa. Dan ternyata hasilnya menurut saya sangat memuaskan, Afa yang baru 3 tahun bisa dengan cepat mencerna materi, memang sih masih pake bahasa Inggris, tapi kan ada bapaknya yang ntranslate-in ^_^, malah saking asyiknya si Afa jadi kayak ketagihan, tiap abis maghrib minta diajarin main IXL. Mulai dari berhitung benda, membedakan bentuk bidang (lingkaran, kotak, dll), menentukan posisi benda (kanan, kiri, luar, dalam, dll).

Tingkat kesulitannya sangat beragam, disesuaikan dengan usia si anak tentunya. Tinggal pilih tipe usia si anak, lalu mulai deh "permainannya" dengan cara menyorotkan kursor pada soal yang diinginkan. Saya jadi sempat kepikiran pingin buat kayak gituan yang berbahasa Indonesia tentunya, pasti bakal banyak yang pake (tapi ntar mo nunggu partnernya nongol dulu... ^_^)

Rasanya bukan hal yang aneh bila saya mereview dan membahas sebuah website seperti IXL ini, saya tidak dibayar oleh IXL atau karena alasan lainnya yang sifatnya komersil. Bukan karena itu, tapi lebih karena memang kebetulan IXL ini memang bisa "dimanfaatkan" terutama oleh para orang tua yang memiliki putra-putri yang masih duduk di bangku TK maupun SD. Bukankah tanpa kita sadari sekaligus juga memberikan pelajaran internet untuk si anak sejak dini...

7 komentar:

Balas Mas AA mengatakan...

Tadi aku sudah ke sini mas, mau kasih komen sulit sekali, dan itulah ciri dari Blogspot, susah ngasih koment, beda ama WP. Makasih dah mampir ke rumahku. Lam kenal.

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

heheheh...masak bisa susah sih?! apa jangan2 koneksinya yg lemot... ^_^

Kalo saya tetep lebih suka buatan Google Inc deh ketimbang WP...

my dokumen mengatakan...

wahh mantap nih buat adik aku,
nice info


salam kenal

chokichim mengatakan...

mantap abizz

Madu Nektar mengatakan...

bikin buat anak bangsa yuk ... he he he

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

"mbuat" anak...?! nggak salah neeh?! ^_^

opiniherry mengatakan...

Permisi...Salam kenal...
Saya pernah coba game 2x nya... Lumayan...
Sayang, belum ada bahasa Indonesianya.
Jadi kita kudu terus di samping anak sambil menerjemahkan...