"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

19 Maret 2009

Perang antar Gank di Facebook

Satu hal lagi yang membuat saya makin kecanduan dengan Facebook, Gangster Battle [yang ini beda sama gank Nero yang sempat "naik daun" karena pernah diberitakan di televisi]. Sebuah game online dengan genre strategy yang bahkan bisa membuat saya mengesampingkan Travian (yang sudah pernah saya review sebelumnya). Fenomena game online di komunitas Facebook ini benar-benar luar biasa, perkembangan dan pertambahan anggotanya sangat pesat, bahkan Server milik Facebook sendiri sempat mengalami "kelambatan" memproses karena memang bebannya terus meningkat dengan drastis.

Apa sebenarnya yang membuat game online Gangster Battle itu menjadi sangat menarik untuk dimainkan...? Coba perhatikan snapshot-nya, ada tampilan weapon, vehicles, serta investment. Ketiga unsur itulah yang menjadi "roh" dari game ini. Seperti layaknya kisah kehidupan para Gangster di film-film action yang selalu berusaha untuk menjadi nomor satu di daerahnya... untuk mencapai tujuan itu maka diperlukan senjata-senjata yang tentu saja bila harganya semakin mahal maka daya hancurnya juga semakin bagus, ada M16, AK 47, Flak jacket, bahkan ada juga RPG dan Rocket launcher. Aksi serang antar gank ini juga diwarnai dengan adanya fasilitas vehicles yang tampil dengan bebagai macam merk dan model, contohnya sedan Audy S4 atau Suburban Bulletproof, bahkan ada juga Cigar boat. Untuk dapat membeli berbagai macam weapon dan vehicles tadi dibutuhkan uang (dollar), dan untuk mendapatkan uang tersebut sebuah family gank harus merampok gank lainnya, menyelesaikan sebuah misi atau bisa juga dengan membeli investasi untuk mendapatkan revenue (pendapatan tetap).

Salah satu keunikan lain dari game ini adalah pada keanggotaan family-nya, semakin banyak anggota family-nya maka statistik pembawa senjata pada attack atau defence-nya tentu akan semakin bagus (tergantung pengaturan alokasi anggota family). Dan satu-satunya cara untuk merekrut anggota family adalah dengan memiliki teman/friend sebanyak-banyaknya di Facebook.

Cara sederhana untuk mendapatkan uang adalah dengan menyelesaikan sebuah mission. Pilihan misi ini disesuaikan dengan tingkat/level gangster-nya, semakin tinggi levelnya, semakin banyak pula ragam pilihan misi dan semakin meningkat pula uang yang akan dihasilkan, aturan tersebut berlaku pula pada weapon dan vehicles. Gangster Battle benar-benar membangkitkan kembali naluri Gamerku... ^_^

Peperangan antar gank ini diatur sedemikian fair-nya sehingga sebuah family gank yang levelnya terlalu tinggi tidak diperbolehkan menyerang gank yang levelnya terlalu rendah. Range yang diijinkan hanya sampai dengan 2 tingkat di atas dan 2 tingkat di bawahnya. Misal sebuah family memiliki level 20, maka hanya boleh menyerang family lain yang berada di level 21 sampai dengan level 18. Masih banyak lagi keunikan-keunikan lain yang diusung game bawaan Facebook ini yang tidak mungkin saya sebutkan satu per satu. Mendingan coba aja sendiri, gratis kok, nggak ada ruginya kan?! Kalo mo daftar dan ikutan perang gank silahkan KLIK DISINI. Oh ya jangan lupa, kamu sudah harus memiliki account di Facebook dulu, kalo blom punya... nah loh kemane aja bang selama ini?! hidup di gua?! ^_^ hehehe... just kidding Sob, masak belom pernah dengar sich website dengan traffic rank nomor 5 di dunia setelah Yahoo, Google dan Youtube (menurut Alexa.com) yang bahkan nyaris "membunuh" friendster dan Yuwie ini! Eit-eit, tunggu dulu, dah pernah punya friendster blom?! Jangan-jangan malah nggak pernah buka webnya... kalo email nggak punya, friendster nggak tau, blog apalagi, facebook lebih-lebih... mending nggak usah diterusin mbacanya daripada nggak nyambung dan makin puyeng ^_^ lagi-lagi just kidding Sob!

Kalo blom punya account Facebook ya daftar dulu donq... masak daftar dulu-lah?! Nggak usah jaim, jayus apalagi jablay... masih banyak juga kok sodara-sodara kita di-sono yang belum punya Facebook... ^_^

Sebenarnya ada rasa sedikit kecewa dengan Google Inc. Kenapa bukan mereka yang menciptakan komunitas game online seperti ini?! Kenapa mesti Facebook duluan?! Tapi sapa tau aja Sergey Brin dan Larry Page sedang menyiapkan "senjata-senjata" maut Google yang lebih hebat dari Gmail, Blogspot, Google Earth atau bahkan Google OS sekalipun. Bukan mustahil bila nantinya Facebook akan dibeli juga oleh Google Inc. seperti nasibnya Youtube yang telah laku ditawar oleh Google Inc. senilai lebih dari 1,6 Milyar US Dollar (coba deh di-kurs ke rupiah, gila nggak tuch! berapa trilyun rupiah coba...?! ^_^)

Tidak ada komentar: