"Seandainya di depan mataku ini ada tembok berwarna putih, lalu Muhammad mengatakan bahwa tembok itu berwarna hitam, maka aku akan bohongkan mataku, dan akan kukatakan bahwa tembok itu berwarna hitam!". (perkataan Abu Bakar radhiallahu anhu, dinukil dari ceramah sejarah Nabi, oleh Khalid Basalamah)

03 Maret 2009

Regenerasi itu PENTING!

Ya... Karena hidup ini tidak selamanya!
Kalimat di atas hanya sekedar tuk menyegarkan kembali ingatan kita... Bahwa betapa pentingnya KADERISASI. Eits-eits sabar... postingan ini nggak ada hubungannya dengan politik apalagi parpol-parpol-an, karena sepertinya kata "kaderisasi" di masa-masa ini biasanya identik dengan parpol dan kampanye-nya. Ada koridor pembatas yang sangat tegas dan jelas bahwa saya tidak akan menyinggung dunia politik : PNS harus NETRAL. Bukan karena takut dengan sanksi dan konsekuensinya, tapi lebih pada karena aturan mainnya memang harus seperti itu.

Regenerasi yang saya maksudkan disini lebih bersifat secara global di setiap bidang. Mulai dari organisasi terkecil dalam masyarakat yang disebut dengan Keluarga sampai dengan organisasi yang terbesar yang dikenal dengan nama Negara. Mungkin lebih besar lagi adalah bumi... (itu juga kalo memang ada kehidupan lain di luar sana... alias ALIEN ^_^).

Seorang buruh tani akan dikatakan sukses dan berhasil bila anaknya besar menjadi juragan sawah. Seorang guru dapat dikatakan brilian bila anaknya tumbuh menjadi dosen yang pintar dan dihormati. Seorang Bapak yang lulusan SMA akan dikatakan hebat bila anak-anaknya lulus Sarjana dengan predikat terbaik... Dan sebuah negara akan dikatakan luar biasa dan maju bila mampu melahirkan generasi-generasi muda yang dari segi kualitas dan moralnya jauh lebih baik dari generasi sebelumnya! Itu semua hanyalah segelintir sampel yang menurut saya dapat menerjemahkan makna secara kasat dari kata regenerasi.

Republik ini akan hancur dengan mudah bila seorang manusianya atau kelompok manusianya tertentu yang terus-menerus selalu memikirkan kepentingan dan kebutuhannya sendiri seumur hidupnya. Itu berarti belum ada kesadaran dan pemahaman makna bahwa setiap yang bernyawa itu pasti akan mati...
An awesome colony atau disebut juga dengan organisasi yang hebat adalah organisasi dimana pemimpinnya memiliki pandangan dan pola pikir yang "besar" bukannya sempit dan kolot. Bagaimana kita yakin bahwa bumi ini bulat?! Coba ciptakan pesawat ulang alik, lalu terbang ke bulan dan perhatikan bentuk bumi dari sana... bukankah bumi itu memang bulat?! Pandanglah negara ini seolah-olah kita memandang bentuk bumi dari bulan...

Dalam sebuah artikel dari blog tetangga, membeberkan rahasia tentang bakat-bakat kepintaran yang menurun pada kaum Yahudi. Tidak ada maksud apapun karena menyebut nama umat ini, hanya kebetulan saja contoh yang terkenal yaitu Albert Einstein adalah seorang yahudi (baca biografinya disini), bahkan Sergey Brin (Presiden Google Inc. yang menemukan dan membangun Google bersama Larry Page dengan metode search engine-nya yang luar biasa rumit) juga keturunan yahudi. Ketika seorang wanita yahudi mengetahui bahwa hasil tes kehamilan mereka positif, maka seluruh aktivitas-aktivitas positif segera mereka lakukan. Mereka akan meningkatkan asupan gizi terutama dari daging ikan dan menyingkirkan kepala ikan karena menurut penelitian mereka zat yang terkandung dalam kepala ikan justru merugikan pertumbuhan otak janin. Saat makan dengan lauk ikan tidak akan dicampur dengan daging, karena keduanya bila dimakan secara bersamaan akan saling "menghancurkan". Memilih untuk makan buah terlebih dahulu sebelum makan yang sebenarnya. Ibu yang hamil itu juga akan sering bermain piano dan biola di rumah dan sering "bermain" matematika di malam harinya, pokoknya segala kegiatan yang menurut penelitian mereka akan berdampak positif dan baik untuk janin mereka akan selalu mereka lakukan dalam kondisi apapun, tujuannya tidak lain adalah demi kebaikan si bayi, demi regenerasi yang lebih baik!

Oh iya satu hal lagi (yang ini mungkin bisa jadi kontroversi... ^_^) bagi orang yahudi rokok itu TABU, menurut penelitian mereka zat yang dikandung dalam rokok akan sangat menghancurkan sifat genetis unggulan pada keturunan mereka, nikotin akan merusak inteligensia pada anak (dari sejak masa produksi sperma ayah yang pecandu rokok), dengan kata lain anak-anak para perokok akan cenderung menjadi "lambat" dan dungu... Percaya atau tidak, saya kembalikan kepada para readers ^_^. Kaum yahudi begitu peduli dengan regenerasi sampai mampu mengesampingkan kebutuhan egoisme mereka untuk merokok, bagaimana dengan orang-orang di negri ini, apakah para perokok itu tidak tahu?! Atau karena mereka tidak peduli lagi bahkan dengan keturunannya sendiri, dengan regenerasi-nya sendiri dan bahkan dengan regenerasi bangsa ini?! Yang jelas setahu saya selama ini ideologi seorang perokok itu mampu mengalahkan apapun, ya apapun... (dan menurut saya, itu menyedihkan). Tak perlu lagi saya ingatkan sepak terjang Israel membantai rakyat Palestina beberapa waktu lalu, mereka tidak peduli dengan penderitaan anak-anak Palestina yang tidak bersalah, mereka hanya sangat peduli dengan kaumnya sendiri, generasi mereka sendiri. Sedangkan kita? Bahkan dengan calon generasi muda bangsa kita sendiri kita TEGA berujar "rak urusan! pinter bodho urusanmu nang! pokoke sing penting aku iso seneng dewe!" (baca:nggak peduli! pintar atau bodoh itu urusanmu nak! yang penting kesenanganku sendiri!), lalu bagaimana nasib bangsa ini selanjutnya?! Sangat ironis...

Mari perbaiki pandangan dan pola pikir kita, berpikir lebih "besar" dan lebih baik, dan tentu saja ikuti dengan tindakan nyata, karena sekali lagi... Hidup ini hanya sekali! Jangan sampai hati kecilmu sendiri men-cap dirimu sendiri sebagai orang kerdil yang acuh tak acuh! Bingung mo mulai darimana??? Pertama, mulailah dengan menjadi pembaca yang cerdas. Baca pengetahuan apapun yang baik, olah dan cerna dengan baik, lalu muntahkan hehehe... yang benar aplikasikan dalam diri kita secara nyata ^_^. Bangkitlah Indonesiaku!

2 komentar:

Madu Nektar mengatakan...

usul nih ..... kita bikin award & penghargaan bagi tokoh2 yang tidak merokok, ... dan juga yang giat mengkampayekan anto rokok, ...

ini baru satu hal ya ... ugh

Ardhianto Adhi Nugroho mengatakan...

Nah ini baru yg pro anti rokok...

Kita tunggu mungkin ada yg berani membela pro perokok? ^_^
Silahkan beberkan seluruh manfaat nyata dari merokok... Manfaat yang kira-kira bisa sebanding dengan kerugiannya yg bisa meng-"kerdilkan" generasi muda bangsa ini. (bueh.. extrim banget ^_^)